Thursday, August 21, 2008

14. Ustadz H. Abdul Mutalif bin Hashim - Pengurus Executive Masjid Darussalam SingaporeMember of Islamic Religious Council of Singapore

Kalau Terjadi Ketegangan, Kemana Mereka Akan Berpihak?

Perkenalan saya dengan LDII bermula dari Pasir Panjang (sebuah daerah di Singapura). Salah satu tugas saya dalam mentadbir (mengurus) mesjid Darussalam (di Singapura) adalah membangun networking dengan agensi yang berhubungan dengan mesjid. Usaha saya untuk bekerjasama, saya bertemu dengan Cawangan Jamiyah Pasir Panjang. Jamiyah adalah kumpulan Non Government Organization (NGO)/Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dalam dakwah Islam di Singapura. Sebelum saya tahu mereka, saya sudah dengar desas-desus bahwa mereka ini mengamalkan ajaran sesat. Jadi saya ingin tahu, kenapa sesat, dan apa yang sesat. Kita kena bawa orang yang sesat jadi tidak sesat. Sebab kita berdosa apabila membiarkannya.

Setelah saya tahu, setelah saya observe, pada pandangan saya mereka ini tidak sesat, tapi memiliki ideologi (gerakan) tersendiri daripada mayoritas kefahaman masyarakat muslim Singapura yang mengikut madzhab Imam Syafii. Di masyarakat Singapura ini sudah banyak perubahan madzhab, dan masyarakat muslim Singapura sudah mulai menerima. Awalnya, mereka tidak diterima oleh masyarakat muslim, oleh mana-mana mesjid di Singapura. Tapi sekarang tidak masalah. Perbedaan mereka hanya sebatas sunah-sunah saja.

...

No comments: